Rabu, 26 Oktober 2011

RESENSI BUKU GAPAILAH IMPIANMU

Judul Buku : Gapailah Impianmu
Penulis : Hoeda Manis
Penerbit : Effhar Anggota IKAPI Edisi Pertama, Cetakan Pertama Juli 2004
Halaman : 261 halaman

Apapun yang kamu inginkan lebih dari apapun juga dalam hidup ini, itulah yang dapat kamu miliki. Jika kamu mengharapkan yang terburuk, kamu akan memperoleh yang terburuk. Jika kamu mengharapkan yang terbaik, kamu akan memperoleh yang terbaik. Jika kamu berpikir benar, hal-hal akan berjalan dengan benar. Kamu dapat memikirkan jalan keluarmu dari kegagalan dan ketidakbahagiaan. Kamu dapat memikirkan jalanmu menuju keberhasilan dan kebahagiaan. Hidupmu terutama tidak ditentukan oleh kondisi-kondisi dan keadaan diluar dirimu tetapi oleh pemikiran yang biasa memenuhi pikiranmu (Norman Vincent Peale).
Salah satu penyakit kronis tertua yang diidap oleh peradaban manusia adalah 'penyakit dalih'. Para pakar mengatakan bahwa hidup ini tidak membayar berapa banyak yang kau ketahui, tetapi berapa banyak yang kau lakukan. Begitupun, kehidupan ini membayar atas upah, bukan atas dalih atau alasan !
Seorang petani kehilangan seekor kuda kesayangannya. Ia mengeluh dan mengatakan kalau ia tengah ditimpa nasib buruk. Beberapa hari kemudian kudanya yang hilang itu datang membawa kuda lain yang lebih bagus. Petani itu gembira dan bersyukur karena mendapat nasib baik. Anak petani tersebut kemudian bermain-main dengan kuda baru yang bagus itu, dia terjatuh dan kakinya patah. Si petani bersedih dan menganggap ia tengah ditimpa nasib buruk. Tak lama setelah itu, prajurit kerajaan mendatangi desa-desa untuk mengumpulkan para pemuda yang akan dilatih berperang untuk pertempuran dengan musuh. Sang petani bersyukur lagi karena anaknya yang sedang sakit tak dibawa ke dalam perang.
Kita seringkali memutuskan dan menganggap sesuatu sebagai nasib baik atau buruk dengan cepat tanpa sempat merenungkan maknanya dan dengan gampangnya mengatakan hitam atau putih tapi kemudian bingung untuk membedakan keduanya. Hidup bukanlah undian tapi memiliki hukumnya sendiri seperti sistem tabur tuai.
Decca Recording Company menolak The Beatles dengan argumen tidak menyukai musiknya selain itu popularitas pop sedang merosot. Tapi The Beatles membuktikan kehadirannya berhasil mengguncang dunia dan lagu mereka menjadi karya abadi.
33 penerbit pernah menolak naskah buku Chicken Soup for the Soul dengan argumen hanya berisi kumpulan cerita dan tidak akan disukai orang, tapi buku seri ini telah diterbitkan dalam 30 bahasa dunia dan angka penjualannya mencapai seratus juta eksemplar.
Saat berumur 10 tahun, 3.30 dini hari dengan tubuh menggigil kedinginan Walt Disney sudah bekerja sebagai pengantar koran. Dia memutuskan untuk mendapat penghasilan dari kesukaannya yaitu menggambar kartun. Walaupun orang disekitarnya mencibir tapi dia tetap yakin walau telah sekian lama usahanya tersebut tanpa hasil tapi karena usahanya akhirnya ada seorang pendeta terkesan dan menaruh simpati akhirnya diberi kesempatan untuk menggambar poster dan pengumuman. Ia tinggal di gudang gereja dengan para tikus. Dia sangat kesepian dan dalam kesepiannya itu dia bersahabat dengan dua tikus yang diwujudkan dalam minny mouse dan micky mouse.
Jangan terlalu cepat menolak sesuatu hanya karena sesuatu itu 'tak seperti biasanya'. Dan kalau apa yang kamu ciptakan ditolak berkali-kali, buka berarti apa yang kamu ciptakan itu tidak berharga.
Apakah kamu ingin hidup terbebas dari segala macam masalah dan steril dari berbagai persoalan? Ada sebuah komplek pemukiman yang penduduknya benar-benar tidak mengalami masalah, tidak pernah diganggu oleh dering telepon, gonggongan anjing, suara bel rumah, berita di media, gunjingan antar tetangga, harga kebutuhan yang terus naik, sulitnya bekerja, kerasnya persaingan. Kamu ingin bergabung dengan mereka?komplek yang diceritakan tadi adalah komplek pemakaman.
Masalah adalah anugerah Tuhan dan merupakan eksistensi tanda kehidupan. Jika kamu tidak lagi mempunyai masalah, barangkali kamu perlu bersujud dan menanyakan "Tuhan, apa Engkau tidak percaya aku lagi ya? Berikan aku sedikit masalah, karena aku masih hidup..."
Yang paling penting untuk kamu ingat pada saat memulai adalah jangan pernah membiarkan orang lain yang tidak percaya dengan kemampuanmu meremehkan impian-impianmu. Dunia ini penuh sesak dengan orang-orang yang berpandangan negatif. Mereka punya seribu satu alasan kenapa impianmu tidak berhasil, tetapi mereka siap bergabung denganmu jika kamu berhasil. Karena itu tetaplah yakin dengan kemampuanmu dan ubahlah impianmu menjadi kenyataan (Barbara Grogan).
Setiap hari ribuan mimpi indah dihancurkan dan ribuan bunga yang siap mekar diinjak dan diludahi. Tapi jangan hiraukan mereka. Tetaplah teguh pada janji hatimu. Bahkan kalau seandainya dunia mencibirmu, tetaplah yakin bahwa Tuhan dilangit tengah tersenyum kepadamu.
Buku ini utamanya ditujukan kepada remaja. Isinya antara lain tentang cinta, citra diri, cara berpikir, motivasi yang positif, menyikapi perubahan, kerja keras, hidup dengan yakin, berbuat baik, menghargai waktu dan berani ambil resiko.
Keunggulan : konsep penulisan sederhana, kaya akan petuah, untaian kata mutiara yang menarik, nilai-nilai bijak, pesan. Penggunaan bahasa yang santai, mudah dicerna dan penuh makna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar